Desa Siawung Masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Sunday, July 5, 2020

Desa Siawung Masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus


Bupati Barru, Suardi Saleh


BARRU-Desa Siawung masuk ke dalam Kawasan Emas Kabupaten Barru, yang berada pada ALKI II. Berpeluang untuk memperkuat konektivitas nasional dan tol laut nusantara.
Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Kabupaten Barru, Suardi Saleh  menyampaikan hasil Rapat Kordinasi Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) antara Pemkab Barru dan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) di rumah jabatan bupati, Rabu (01/07/2020).

“Luas areal pengembangan + 3.097,42 Ha. Meliputi dua kelurahan dan tiga desa, yaitu Kelurahan Sepe’E, Kelurahan Mangempang, Desa Siawung, Desa Madello dan Binuang,” paparnya.

Kawasan ini, lanjut dia, didesain dengan pengembangan Eco Industrial Park. Begitupun beberapa infrastruktur pendukung, seperti Pelabuhan Laut Garongkong dengan panjang dermaga yang memenuhi persyaratan. Kedalaman kolam labuh 15-25 meter. Kapasitas labuh sampai 60.000 DWT, serta memiliki breadwater alami berupa Breadwater Pulau Panikiang, sehingga aman dilayari selama 12 bulan setahun.

“Disamping memiliki pelabuhan Ferry, juga ada pembangunan terminal Semen Bosowa yang terpadu dengan pelabuhan khusus dan panjang dermaga 1000 meter,” jelasnya.
Kabupaten Barru memang dijadikan sebagai salah satu daerah “andalan” Sulawesi Selatan untuk pertumbuhan ekonomi. Mengingat, daerah yang dipimpin Suardi Saleh ini, punya infrastruktur dan potensi yang sangat memadai.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sulsel, Muh Firda menuturkan, sesuai hasil pertemuan dan peninjauan di lapangan, pihaknya sangat optimistis mendorong Barru sebagai KEK.  

Sementara itu, Bupati Barru Suardi Saleh yang didampingi Wakil Bupati Nasruddin AM, dan Sekda Abustan, memaparkan mengenai kesiapan daerahnya menjadi kawasan ekonomi khusus.
 


Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage